Kuliah Tamu Kedua BP4 Pert. ASIA “Retail Banking & 4 Fungsi Bisnis Pada Perusahaan Jasa” oleh Mutia Amanatillah Tasya
Perbankan adalah bisnis yang berdasarkan kepercayaan (Trust). bank merupakan bisnis kepercayaan dimana bank memainkan peranan intermediasi antara pihak yang memiliki dana dengan pihak yang membutuhkan dana
Di dalam bisnis (funding) nasabah menaruh kepercayaan kepada sebuah bank dimana mereka hanya akan menyimpan uang mereka di bank yang mereka percaya
Sebaliknya, dalam bisnis lending, bank yang menaruh TRUST kepada nasabah bahwa nasabah memiliki kemampuan untuk mengembalikan uang yang mereka pinjam
JENIS JENIS BANK
- Bank Sentral
Penerbitan uang dalam suatu negara dan mempertahankan konversi uang tersebut
- Bank Umum
- Bank Perkreditan Rakyat (BPR)
Tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.
KERJA DI BANK, APA MENARIKNYA ?
- Life Time Relationship - seluruh bagian dari siklus hidup manusia dapat dilayani oleh bisnis Customer Banking
- Sistem kompleks paling aman (BI, OJK, LPS, Asuransi)
- Gaji dan kesejahteraan terjamin (biaya hidup normal)
- Berbagai program yang menghasilkan insentif.
- Jenjang karir yang sangat terbuka.
- Care terhadap penampilan, komunikatif, dan percaya diri.
PROSES REKRUTMEN PEGAWAI
- Job fair / Intern
- Tahap I : Psikotes Internal
- Tahap II : Tes Tulis
- Tahap III : Interview I
- Tahap IV : Interview II
- Tahap V : Psikoter Eksternal
- Tahap V1 : Interview III
- Tahap VII : Tes Kesehatan
- Direktorat Pengembangan Bisnis dan TI à penyusunan IT Strategic plan, modernisasi Core Banking system (CBS), Pengambangan arsitektur dan modernisasi platform TI, inovasi baru misalnya seperti smart card
- Direktorat Retail à meningkatkan jumlah customer dan volume yang berkualitas, focus dan pendalaman pada segmentasi bisnis pilihan, meningkatkan kualitas kredit, implementasi bisnis proses (membawahi marketing), meningkatkan fee based income
- Derektorat komersial
- Direktora Mikro à revitalitas Bank Mikro, pemantapan bisnis pensiunan
- Direktorat Keuangan dan Perencanaan à fee based income dan sinergi bisnis, peningkatan laba dan Net Interst Income (NII), pendapatan dari AYDA (Agunan Yang Diambil Alih), efisiensi
- Direktorat Pelayanan dan operasi à aspek SDM dan pelayanan operasi internal bank
- Direktorat MRK dan PSDM à pembuatan kebijakan manajemen resiko dan kepatuhan, optimalisasi penerapan system pengendali internal dengan membentuk tim CRA (Credit Risk Advisor)
Status Karyawan di Bank
- Magang à dari mahasiswa, jika perusahaan memerlukan
- Outsourcing à rekrut pegawai dari pihak ketiga pasti ada potongan
- Kontrak à kontrak awal (6 bulan atau lebih)
- Tetap à sebelumnya ada proses test / uji kelayakan
Bisnis
- Pimpinan cabang
- Manager bisnis
- Pimpinan cabang pembantu
- Team Leader
- AO UKMK, AO Konsumer, MBO, RDO< PBO
- BPK, Marketing Kerja Sama
- SA Konsumer, SA UKMK, Desk Call Sekretaris
- CRC
- Manager Mikro
- Koordinator
- AO Supervisi
- MR
- Manager Pelayanan dan Operasional
- Koordinator Pelayanan
- Front Office (Customer Service, Teller, Security)
- Operator
- Koordinator Operasional
- Back Office (Kliring, RTGS)
- Koordinator BCS
- BCS (CI, ADMK, ADML, Legal)
- Sarlog (Gudang, Cleaning Service, Driver)
- IT
- Internal Control
Situasi Perbankan 2014 -2015
- Makin Kompetitif à persaingan tingkat Bungan DPK, LDR industry perbankan 2014 sudah mencapai 92%, cost of found meningkat, NIM menurun, inflasi akibat BBM (kenaikan BI rate)
- Antisipasi Issue Global dan Regional à rencana the FED menghapus stimulant, penerapan MEA (Masyarakat Ekonomi Asean)
- Kesiapan mendapatkan peluang baru
Lain – lain
- SDM / HRD
- SAC (Satuan Audit Cabang)
- RCC (Regional Credit Card)
- BS (Bancassurance Consulatant)
Pengelompokan nasabah perorangan
- Lower mass < 5jt
- Mass < 100jt
- Mass affluent 100jt <= DPK < 500jt
- Affluent 500jt <= DPK < 5M
- High net worth 5M <= DPK < 25M
- Ultra DPK >= 25M
Pengelompokan nasabah badan usaha
- Regular Customer
- High Customer
- Prime Customer
Produk Funding
- Tabungan (TabunganKu, Bisnis, Premium, Haji, dll)
- Giro (Giro Rupiah, Valas)
- Deposito (Deposito rupiah, Dolar, On Call, dll)
Produk Lending
- Konsumer (KPR, KPM, KSG, Kartu Kredit)
- UKMK (Kredit Modal Kerja, Kredit Investasi)
Transaksi Tabungan
- Setiap transaksi harus dilakukan verifikasi identitas dan tanda tangan penabung (specimen) pada buku tabungan dengan identitas (tanda bukti diri) asli penabung
- Perintah penarikan yang menggunakan surat kuasa, harus diperiksa dan disetujui oleh MPO/Pejabat yang berwenang.
- Setiap perintah pendebetan rekening oleh nasabah kepada Bank yang melalui fax/telepon/media elektronik lainnya “tidak diperkenankan”.
- Funding (nominal x bunga x jumlah hari x 80% / 365)
- Lending (nominal x bunga x jumlah hari / 360)
Prinsip Perkreditan
Biasa menggunakan prinsip 6 C
- Character – Keyakinan terhadap moral, watak dan sifat pribadi yang positif, kemauan mengembalikan kredit
- Capacity – penilaian kemampuan pembayaran (hasil usaha)
- Capital – semakin besar modal pribadi, semakin besar pula tanggung jawab dan kesungguhannya
- Collateral – nilai jaminan sebagai pelengkap kelayalan usaha
- Condition of Economic – situasi dan kondisi perekonomian, kebijakan pemerintah, prospek usaha
- Constraint – batasan atau hambatan dalam melakukan usaha, terkait agama, tradisi, moral, dsb
Alur Proses Proses Kredit di Bisnis UKMK
Fee Base
- PPOB
- Mini ATM
- Bancassurance
- Reksa Dana
FOTO SAAT SEMINAR





Tidak ada komentar:
Posting Komentar