"AKTIVITAS UTAMA PADA PERUSAHAAN JASA, RETAIL DAN MANUFAKTUR"
![]() Gambar : contoh perusahaan jasa (JNE) |
Profil Perusahaan
JNE merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman logistik yang berpusat di Jakarta. Perusahaan ini pertama kali didirikan pada tanggal 26 November 1990 dengan nama PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir oleh Soeprapto Suparno.
Visi & Misi Perusahaan
Visi :
- Untuk menjadi perusahaan rantai pasok global terdepan di dunia.
Misi :
- Untuk memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten
Nilai Perusahaan:
- Jujur.
- Disiplin.
- Tanggung Jawab.
- Visioner.
Standar Operasional Prosedur Karyawan
Karyawan wajib menggunakan atribut sebagai berikut :
- Seragam resmi JNE.
- ID Card resmi JNE dengan metode gantung di saku dengan wadah warna merah (Kantor Perwakilan Express), Kuning (Kantor Perwakilan Intracity), Orange (Kantor Perwakilan Logistik), bukan menggunakan tali.
- PIN senyum layanan sepenuh hati yang diletakan di dada kanan.
- Ikat pinggang warna hitam/coklat.
- Celana bahan berwarna hitam.
- Sepatu pantovel berwarna hitam/coklat gelap (baik pria maupun wanita).
- Kaus kaki berwarna sesuai dengan sepatu (baik pria maupun wanita).
- Dan atribut lain (jika ada moment tertentu sesuai himbauan).
Karyawan wajib berpenampilan :
- Ramput rapih, tidak melebihi alis/telinga/kerah.
- Rambut rapih menggunakan waks/kosmetik perapih rambut.
- Rambut tidak boleh diwarnai, tidak dimodelkan yang tidak pantas untuk bekerja.
- Menggunakan pewangi badan/pakaian.
- KHUSUS BAGI PRIA tidak menggunakan atribut selain jam tangan/cincin nikah/tunangan/wasiat keluarga.
- Menjaga penampilan untuk tetap bersih, rapih dan memberikan kenyamanan kepada pelanggan/rekan kerja/orang lain pada saat bekerja.
- BAGI WANITA, dibolehkan menggunakan Rok untuk yang berjilbab.
Struktur Organisasi
| Struktur Organisasi JNE |
Alur Kegiatan JNE
![]() |
| Alur Kegiatan JNE |
Dokumentasi Kegiatan
2. Perusahaan Retail

Gambar : contoh perusahaan retail (Indomaret)
PROFIL PERUSAHAAN
PT Indomarco Prismatama (Pemilik Indomaret) merupakan salah satu perusahaan retail atau waralabaterbesar di Indonesia. Perusahaan ini bergerak dalam bidang retail yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dan Indomaret telahmemiliki lebih dari 12.300 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.
Saat ini Indomaret berkembang sangat pesat dengan jumlah gerai mencapai lebih dari 12.300 gerai yang tersebar di seluruhIndonesia, terdiri dari 40% gerai milik terwaralaba dan 60% gerai milik perusahaan. Sebagian besar pasokan barang daganganuntuk seluruh gerai berasal dari 22 pusat distribusi Indomaret yang menyediakan lebih dari 4.800 jeni produk.
VISI & BUDAYA PERUSAHAAN:
Visi :
- Menjadi asset nasional dalam bentuk jaringan retail waralaba yang unggul dalam persaingan global.
Moto :
- Mudah & Hemat.
Budaya :
- Menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, kebenaran dan keadilan, kerja sama kelompok, kemajuan melalui inovasi yang ekonomis serta mengutamakan kepuasan konsumen.
Esensi :
- Pendekatan dengan senyuman yang tulus, untuk membangun hidup lebih baik.
Proses Alur Barang Datang dari Gudang
Standar Operasional Prosedur
- Memakai ID Card perusahaan
- Berpakaian rapi atau memakai seragam
- Wajib memakai sepatu
Saat Memulai Aktivitas :
- Membaca Doa
- Menyanyikan Mars Indomaret
- Mengucapkan Janji Karyawan
- Kemudian Memulai Kerja
Janji Karyawan Indomaret
- Kami karyawan dan karyawati indomaret menjunjung tinggi kejujuran, kebenaran, dan keadilan.
- Kami berjanji untuk bekerja dengan rajin dan sungguh-sungguh.
- Kami berjanji untuk bekerja sama di dalam tim guna mencapai kemajuan perusahaan.
- Kepuasan pelanggan adalah kepuasan kami.
3. Perusahaan Manufaktur
perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang memproses bahan mentah hingga menjadi barang yang siap untuk dipasarkan. Semua proses yag terjadi di industri ini umumnya melibatkan berbagai peralatan modern
Ciri-ciri perusahaan Manufaktur
1.Kegiatannya memproses barang mentah menjadi produk jadi
2.Pendapatannya berasal dari penjualan produk
3.Terdapat Harga pokok Penjualan untuyk menentukan laba/rugi
4.Biaya produksi terdiri dari Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja, dan Biaya Overhead Pabrik
Perusahaan manufaktur memiliki beberapa fungsi dalam usahanya. Fungsi dari perusahaan manufaktur tersebut ialah (a) Fungsi produksi, (b) Fungsi pemasaran, (3) Fungsi administrasi dan umum, dan (4) Fungsi keuangan.
Perusahaan manufaktur memiliki beberapa fungsi dalam usahanya. Fungsi dari perusahaan manufaktur tersebut ialah (a) Fungsi produksi, (b) Fungsi pemasaran, (3) Fungsi administrasi dan umum, dan (4) Fungsi keuangan.
1. Fungsi Produksi
Seperti nan telah diketahui bahwa perusahaan manufaktur ialah perusahaan nan mengelolah bahan mentah menjadi bahan jadi nan dapat dimanfaatkan langsung oleh konsumen.
Pada termin ini, perusahaan manufaktur melakukan fungsi produksinya. Fungsi produksi tersebut ialah pembuatan barang mentah menjadi barang jadi. Salah satu contoh perusahaan manufaktur dalam menjalankan fungsi produksinya ialah perusahaan mebel.
Pada perusahaan mebel nan biasanya mengelola pohon atau kayu menjadi berbagai barang properti. Dalam perusahaan mebel, kayu nan sebelumnya tak bisa digunakan langsung selain menjadi kayu bakar disulap menjadi benda dengan nilai guna nan tinggi.
Kayu nan merupakan bahan mentah dirubah menjadi menjadi kursi ataupun meja. Proses pengubahan kayu nan merupakan bahan mentah menjadi barang jadi berupa kursi inilah nan merupakan fungsi produksi dari perusahaan manufaktur.
2. Fungsi Pemasaran
Sebuah perusahaan pastilah memiliki tujuan buat mendapatkan laba nan sebanyak-banyaknya. Salah satu langkah nan dilakukan buat mendapatkan untung tersebut ialah dengan menggiatkan pemasaran akan produk nan dimiliki.
Kegiatan pemasaran juga biasa dilakukan oleh perusahaan manufaktur. Dalam memperoleh keuntungan atau laba nan tinggi maka perusahaan manufaktur selalu mengadakan kegiatan pemasaran.
Kegiatan pemasaran nan dilakukan bertujuan agar produk nan telah dihasilkan bisa dikenal oleh masyarakat luas. Dengan semakin kenalnya masyarakat akan produk tersebut maka peluang buat terjualnya barang produksi tersebut juga semakin besar. Pada akhirnya laba perusahaan juga akan meningkat seiring dengan meningkatnya kegiatan pemasaran.
Tidak ada perusahaan nan tak melakukan kegiatan pemasaran. Pemasaran merupakan faktor primer dan ujung tombak dari setiap perusahaan. Proses sosialisasi produk dan pendongkrakan penjualan produk semuanya dilakukan dalam proses pemasaran.
3. Fungsi administrasi dan umum
Fungsi perusahaan manufaktur nan ketiga ialah fungsi administrasi. Fungsi administrasi ialah fungsi kegiatan manufaktur nan berkaitan dengan penentuan kebijakan perusahaan, pengarahan, dan supervisi agar lebih efektif dan efesien.
4. Fungsi Keuangan
Fungsi keuangan dalam perusahaan manufaktur ialah fungsi dari penyediaan dana keuangan nan dibutuhkan oleh perusahan buat pengembangan maupun proses produksi perusahaan tersebut.
Fungsi keuangan juga termasuk fungsi krusial dalam sebuah perusahaan. Penyokongan dana nan kuat sangat dibutuhkan dalam global bisnis. Persaingan nan ketat membuat fungsi keuangan sangat berperan penting.
Dalam persaingan di global bisnis biasanya selalu terjadi persaingan harga. Perusahaan nan memiliki sokongan dana nan kuatlah nan menang dalam persaingan nan tak sehat seperti itu.
Biaya nan ada dalam perusahaan manufaktur berdasarkan keempat fungsi tersebut ada (1) Biaya produksi, (2) Biaya pemasaran, (3) Biaya administrasi, dan (4) Biaya keuangan.
1. Biaya Produksi
Biaya produksi ialah biaya nan dikeluarkan dalam proses produksi suatu barang oleh perusahaan. Biaya produksi sendiri terdiri dari biaya bahan mentah, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik.
Biaya bahan mentah ialah biaya nan dikeluarkan oleh perusahaan buat memperoleh bahan mentah. Dalam perolehan bahan tersebut tentunya membutuhkan dana nan harus dikeluarkan oleh perusahaan. Dana atau uang nan dikeluarkan oleh perusahaan tersebut itulah nan dimaksudkan sebagai biaya bahan mentah. Selain biaya nan harus dikeluarkan buat pemerolehan bahan juga ada biaya tenaga kerja. Biaya tenaga kerja ialah biaya atau uang nan dikeluarkan oleh perusahaan buat mengupah pegawai atau tenaga kerja dalam proses produksinya.
Biaya overhead pabrik ialah biaya nan dikeluarkan oleh perusahaan selain biaya bahan mentah dan biaya tenaga kerja. Biasanya nan termasuk dalam biaya overhead ialah biaya listrik, biaya penyusutan barang atau mesin, biaya pemeliharaan, biaya pemeliharaan alat atau mesin, dan biaya overhead lainnya.
2. Biaya Pemasaran
Biaya pemasaran ialah biaya nan dikeluarkan oleh perusahaan nan digunakan selama proses pemasaran produk jadi sampai dengan pengumpulan piutang dalam bentuk kas.
3. Biaya administrasi
Biaya administrasi ialah biaya nan dikeluarkan dalam pemenuhan proses adiministrasi suatu perusahaan.
4. Biaya keuangan
Biaya keaungan ialah biaya nan dikeluarkanoleh perusahaan selama aplikasi fungsi keuangan. Salah satu contoh perusahaan manufaktur dalam biaya keuangan ialah adanya kembang selama aplikasi fungsi keuangan.

gambar : contoh gambar perusahaan manufaktur (jepara garden furniture)



Tidak ada komentar:
Posting Komentar